Perhatikan ini Sebelum Membeli Besi Beton dari Jasa Jual Besi Beton Polos

Besi beton adalah salah satu material yang bisa dibilang tahan lama serta kokoh. Banyak pihak yang menyediakan jasa jual besi beton polos karena besi beton telah terkenal menjadi material andalan untuk konstruksi. Namun, apakah Anda sudah mengetahui bagaimana cara memilih besi beton terbaik? Artikel ini akan menyediakan informasi yang terkait dengan tips untuk menentukan mana besi beton yang bisa Anda pilih sebagai material konstruksi yang cocok. 

Spesifikasi besi beton

Besi beton dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah steel bar atau steel rebar (reforcing bar). Besi beton sering digunakan dalam sebuah bangunan karena peranannya yang sangat penting di dalamnya. Adanya besi beton dapat memperkuat konstruksi bangunan yang ada, karena besi beton bekerja dengan cara saling melengkapi sehingga ia menjadi kuat terhadap tekanan dan tarikan. Jika hanya besi saja yang menjadi material konstruksi, maka material besi hanya akan kuat terhadap tarikan, dan tidak tahan terhadap tekanan. Sedangkan beton tahan terhadap tekanan namun tidak dapat menahan tarikan. Oleh karena itu, kombinasi antara besi dan beton dapat menciptakan material yang unik serta kuat sebagai bahan dasar untuk mendirikan bangunan. Struktur yang diciptakan oleh kombinasi ini disebut dengan struktur beton bertulang. Ada beberapa jenis besi beton yang biasa digunakan untuk material konstruksi, di antaranya adalah baja karbon dengan lapisan stainless steel, serat kaca, serat karbon, serta serat basalt.

Ukuran dan berat besi beton

Hal lain yang perlu Anda ketahui informasinya sebelum membeli besi beton dari pihak yang jual besi beton polos adalah ukuran serta berat besi beton tersebut. Besi beton yang baik akan selalu mengikuti aturan dari Standar Nasional Indonesia (SNI). SNI telah menentukan ukuran, panjang, berat, serta besarnya penyimpangan yang ditolerasi. Sebuah besi beton yang standar seharusnya memiliki berat di antara 0.222 kg/m hingga 17.4 kg/m dengan toleransi yang diperbolehkan mencapai 3.5% dari batas yang diharuskan. Ukuran yang dimiliki oleh besi beton akan mempengaruhi harga yang akan ditawarkan kepada pihak pembeli, yaitu Anda. 

Mengapa harus besi beton?

Pada dasarnya, ada dua jenis besi beton, yaitu BjTD serta BjTP. BjTD adalah singkatan dari Baja Tulang Deform yang maksudnya adalah jenis besi beton yang memiliki tekstur yang kasar. Sedangkan BjTP atau Baja Tulang Polos merupakan besi beton dengan tekstur yang polos. Meskipun berbeda, kedua jenis besi beton ini memiliki beberapa hal yang membuatnya istimewa. Hal-hal tersebut  adalah mudahnya pemasangan, kualitas yang terjamin, mudah untuk dipotong-potong dan digabung dengan cara dilas serta memiliki tingkat deformasi yang cenderung baik pada tegangan tinggi, dan mudah nya untuk digunakan kembali. Tidak sampai di situ saja, banyak orang yang tertarik untuk membeli besi beton dari jasa jual besi beton polos dikarenakan besi beton cenderung tahan lama tanpa perlu khawatir akan penurunan kualitas yang akan terjadi.