Jenis-Jenis Genteng Metal Yang Tersedia di Pasaran (Bagian I)

Atap genteng metal merupakan salah satu jenis atap yang sering digunakan pada bangunan. Secara umum, jenis genteng ini cenderung lebih murah daripada genteng yang berbahan dasar tanah liat. Maka, tidak heran jika banyak orang saat ini lebih suka menggunakan atap genteng berbahan dasar metal. menariknya lagi, genten ini memiliki banyak kelebihan lain misalnya lebih kuat dan tidak mudah bergeser setelah dipasang.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan atap genteng dengan bahan dasar metal untuk bangunan rumah Anda, pastikan untuk mengetahui jenis-jenisnya. Berikut ini adalah beberapa jenis genteng metal yang banyak tersedia di pasaran.

Standing Steam

Akhir-akhir ini, atap genteng metal standing steam sangat populer untuk perumahan komersil. Ya, genteng metal ini memiliki tampilan yang sederhana namun modern, dilihat dari desain garis-garis lurus yang berjajar dengan rapi. Pemasangannyapun cukup mudah karena menggunakan teknologi interlock. Teknologi interlock merupakan teknologi yang memungkinkan rangka atap untuk langsung menyatu dengan genteng. 

Stainless Steel

Atap genteng metal berbahan dasar stainless steel memang cenderung lebih kuat daripada standing steam. Namun, jenis genteng yang satu ini cenderung lebih berat. Stainless steel sendiri disebut-sebut sebagai jenis material yang ultra-permanent. Sehingga, diaplikasikan pada atap rumah, proteksi yang dihasilkan cenderung lebih maksimal. Untuk itulah, atap genteng stainless steel sangat disarankan untuk bangunan-bangunan besar seperti perkantoran, hotel, dan sebagainya.

Galvalum Steel

Jenis material genteng metal lain yang cukup populer dewasa ini adalah galvalum steel. Galvalum steel merupakan suatu jenis metal yang dilapisi dengan lapisan alumunium dan seng, menjadikannya lebih tebal, kuat, dan tidak mudah berkarat. Biasanya, atap bangunan jenis ini diproduksi dan dijual dalam bentuk lembaran genteng. Pemasangannya juga relatif mudah karena hanya disusun, ditanam pada rangka, dan direkatkan dengan sekrup.

 Metal Tembaga

Di Indonesia, atap rumah jenis ini memang jarang digunakan. Namun, di negara-negara tertentu penggunaan metal tembaga lumayan populer, khususnya bagi mereka yang menginginkan eksterior rumah dengan kesan unik dan mewah. Ya, metal tembaga cenderung memiliki permukaan yang berkilau dan glossy. Di siang hari, atap rumah ini terlihat indah saat tertempa sinar matahari. Selain itu, daya tahan atap genteng metal ini sangat kuat bahkan mencapai 1 abad.