Rebusan Daun Sungkai untuk Program Hamil, Seberapa Efektif?

Tanaman sungkai atau pohon Jati Seberang adalah tanaman berkayu yang biasa tumbuh di dekat sungai. Tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia yang banyak ditemukan di kawasan Pulau Kalimantan, beberapa daerah di Pulau Sumatera dan sebagian kecil wilayah di Pulau Jawa.

Tentang Tanaman Sungkai

Sebelum berbincang lebih jauh tentang tanaman sungkai, alangkah lebih baik terlebih dahulu kita mengenal tanaman yang satu ini. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tanaman sungkai adalah tanaman berkayu atau jenis pohon yang  memiliki banyak kemiripan dengan pohon jati sehingga disebut juga dengan Jati Seberang.

Tanaman ini bisa tumbuh mencapai 30 meter dengan daun berbentuk menyirip. Diameter batangnya sendiri bisa mencapai 60 cm. Karena memiliki alur atau pola kayu yang artistik, dengan warna coklat tua bergaris-garis. Sehingga kayunya banyak dijadikan bahan untuk membuat furnitur seperti mebel dan barang kerajinan kayu lainnya.

Tanaman ini banyak tumbuh di area sekitar sungai atau sumber air tawar. Tanaman ini juga termasuk jenis tanaman yang tumbuh dengan cepat. Sehingga menjadi salah satu jenis tanaman yang direkomendasikan untuk ditanam untuk memenuhi tanaman hutan industri (HTI).

Kandungan Senyawa dalam Tanaman Sungkai

Hasil pengujian laboratorium terhadap tanaman sungkai terutama daunnya memiliki beberapa kandungan zat. Adapun kandungan senyawa atau zat dalam tanaman sungkai adalah sebagai berikut:

  • Polifenol

Polifenol adalah senyawa fitokima terdapat dalam tanaman secara alami. Senyawa ini merupakan senyawa yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh manusia. Jenis polifenol yang banyak terkandung dalam tanaman sungkai adalah flavonoid, tanin dan asam fenolik.

Keduanya merupakan antioksidan kuat yang banyak terkandung dalam tanaman sungkai. Antioksidan ini juga berperan penting untuk meningkatkan kesuburan, sehingga daun sungkai untuk program hamil bisa jadi pilihan tepat.

  • Saponin

Saponin adalah senyawa rumit yang umumnya hanya terdapat pada tumbuhan. Senyawa saponin dikenal luas karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Senyawa saponin yang terdapat dalam tanaman sungkai adalah saponin terpenoid lebih tepatnya saponin triterpenoid. Saponin juga dapat berperan sebagai antioksidan dalam tubuh.

  • Alkaloid

Alkaloid adalah senyawa yang banyak ditemui di alam dan sebagian besar berasal dari tanaman atau tumbuhan tingkat tinggi terutama tanaman dikotil atau tanaman berkayu. Senyawa ini diketahui memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Mulai dari anti diare, anti mikroba, anti diabetes hingga anti malaria.

  • Polisakarida

Tanaman sungkai juga mengandung gugus polisakarida. Polisakarida merupakan polimer yang tersusun dari banyak monosakarida. Tubuh membutuhkan zat ini sebagai cadangan energi untuk dapat melakukan metabolisme dengan baik.

Pemanfaatan Daun Sungkai untuk Program Hamil

Meski asing bagi sebagian orang, bagian-bagian tanaman sungkai sudah banyak dimanfaatkan sejak dahulu oleh masyarakat Indonesia karena memiliki khasiat kesehatan dan pengobatan. Dengan kandungan zat-zat penting yang telah dijelaskan sebelumnya tidak diragukan bahwa tanaman sungkai memiliki banyak khasiat kesehatan.

Rebusan daun muda tanaman sungkai juga dipercaya bisa meningkatkan kesuburan dan merawat kesehatan rahim. Selain itu juga dapat membantu memperlancar siklus menstruasi yang dialami perempuan.

Hal ini bisa saja terjadi karena kandungan antioksidan pada tanaman sungkai tergolong tinggi. Antioksidan ini adalah salah satu zat yang bukan hanya bermanfaat untuk menangkal radikal bebas tapi juga dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan sistem reproduksi. Baik bagi wanita maupun pria. Jadi mengonsumsi rebusan daun sungkai untuk program hamil bisa jadi langkah yang tepat.