Cara Memilih Kapasitas Genset Untuk Rumah Tangga

Kapasitas genset merupakan salah satu hal yang harus anda perhatikan ketika anda ingin memilih genset, khusus ya untuk genset rumah tangga. Terlebih sekarang ini genset menjadi salah satu alat yang penting untuk kebutuhan rumah tangga, terutama ketika sedang ada pemadaman listrik. Genset inilah yang nantinya bisa memastikan bahwa kegiatan rumah tangga masih tetap dapat berjalan dengan lancar. Lantas, bagaimana cara memilih kapasitas genset untuk rumah tangga? Yuk, langsung saja simak dibawah ini! 

Hitung Kebutuhan Daya 

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika anda ingin memastikan berapa kapasitas genset yang anda butuhkan untuk rumah anda adalah menghitung kebutuhan daya. Hal ini perlu anda lakukan karena kapasitas genset sangat bervariasi. Pada umumnya, perhitungan daya listrik PLN akan menggunakan watt, sedangkan untuk kapasitas genset akan menggunakan satuan kVa. Jika anda bingung, maka anda perlu tahu bahwa 1 kVa sama dengan 0.8 kW atau 800 watt. Jadi, apabila rumah anda dapat menghasilkan daya sebesar 2000 watt maka anda bisa membagi 2000 watt tersebut dengan 0.8 yang Mana hasilnya adalah 2,5 kVa. Nah, dari sini dapat disimpulkan bahwa anda membutuhkan genset dengan kapasitas minimal 2,5 kVa. 

Pilih genset dengan kapasitas diatas kebutuhan anda 

Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk memilih kapasitas genset yang tepat bagi kebutuhan rumah tangga anda adalah dengan memilih genset yang memiliki kapasitas diatas kebutuhan anda. Hal ini perlu anda lakukan untuk menjaga agar mesin genset anda bisa lebih awet serta untuk meminimalisir hal-hal yang bisa saja terjadi diluar perhitungan anda. Pada intinya, anda perlu memilih genset yang memiliki daya lebih besar dari yang anda butuhkan. 

Perhatikan harga dan kualitas genset 

Cara selanjutnya adalah dengan memperhatikan harga serta kualitas genset yang ingin anda beli. Lakukan beberapa riset mengenai harga serta kualitas genset dengan kapasitas genset yang anda inginkan. Jangan sampai anda tergiur dengan harga genset yang murah, akan tetapi kapasitas genset tersebut kurang dari kapasitas genset yang seharusnya anda beli. Intinya, sebelum anda memilih genset, sebaliknya anda mempelajari produk genset tersebut dengan teliti, mulai dari harga, reputasi, kualitas dan tentu saja berapa kapasitas genset tersebut.