3 Pertimbangan E-commerce Solutions

E-commerce adalah istilah yang digunakan untuk menjual barang secara online di web dan aplikasi seluler. E-commerce bisa berbeda untuk masing-masing bisnis. 

Ketika Anda mempertimbangkan e-commerce solutions untuk bisnis Anda, pertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Kuantitas barang

Pemilihan e-commerce yang akan Anda gunakan akan didasarkan pada kuantitas barang yang Anda jual. Berapa banyak barang yang ingin Anda jual? Jika Anda hanya ingin menjual dengan jumlah sedikit, maka pendekatan e-commerce yang sederhana dapat lebih efektif.

Sementara, jika Anda memiliki katalog item yang akan dijual dalam jumlah banyak, Anda mungkin akan memilih e-commerce dengan fitur-fitur yang lebih canggih, misalnya adanya filter untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan barang yang mereka inginkan.

Pikirkan juga dalam jangka waktu panjang, apakah kira-kira e-commerce Anda akan memiliki banyak item yang dijual atau akan bertahan dalam beberapa produk saja ke depannya. Ini bisa jadi mempengaruhi e-commerce jenis mana yang akan Anda pilih.

E-commerce yang dipilih

Di mana Anda ingin memasarkan produk atau jasa Anda? Anda dapat menawarkan produk atau jasa Anda di beberapa tempat pemasaran online. Beberapa tempat pemasaran e-commerce di antaranya adalah situs web atau marketplace.

Apa pun jenis e-commerce yang Anda pilih, Anda harus memastikan e-commerce solutions tersebut mendukung barang dan jasa yang akan Anda pasarkan.

Anda perlu ketahui bahwa masing-masing e-commerce memiliki perbedaan satu dengan yang lainnya. Untuk memilih yang paling tepat, Anda bisa melakukan survei antara sasaran pasar yang hendak Anda tuju dengan jenis e-commerce tertentu. Misalnya, pada wanita karir pada rentang usia 20-35 tahun, platform e-commerce apa yang biasa mereka pakai?

Deskripsikan produk secara lengkap

Bagaimana Anda ingin dapat menemukan produk atau jasa Anda? E-commerce solutions tidak memiliki lokasi spesifik seperti halnya toko fisik. Konsumen tidak bisa menyentuh, merasakan, atau mencoba produk-produk yang Anda pasarkan.

Kuncinya adalah Anda harus memberikan gambaran dan deskripsi produk sejelas mungkin, sesuai dengan produk yang Anda jual. Gunakan foto atau bahkan video dengan resolusi yang baik, supaya konsumen akan tertarik untuk membelinya.